Daftar Blog Saya

Kamis, 22 September 2011

RPP Qur'an Hadits Kelas V Semester I

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran            :  Al-Qur’an dan Hadits
Kelas/Semester            :  V/1
Pertemuan Ke-            :  1–4
Alokasi Waktu            :  8 jam pelajaran
Standar Kompetensi   :  Memahami arti surah-surah pendek
I.              Kompetensi Dasar
1.             Menerjemahkan Surah al-Kafirun
2.             Memahami isi kandungan Surah al-Kafirun
3.             Menunjukkan isi kandungan Surah al-Kafirun
II.      Indikator
1.             Mampu menerjemahkan Surah al-Kafirun
2.             Mampu memahami isi kandungan Surah al-Kafirun
3.             Mampu menunjukkan isi kandungan Surah al-Kafirun
III.    Tujuan Pembelajaran
1.             Siswa dapat menerjemahkan Surah al-Kafirun dengan benar.
2.             Siswa dapat memahami isi kandungan Surah al-Kafirun dengan benar.
3.             Siswa  dapat  menunjukkan  isi  kandungan  Surah  al-Kafirun  dengan benar.
IV.    Materi Ajar
Arti Surah al-Kafirun
V.      Metode Belajar
1.             Informasi
2.             Tanya jawab
3.             Demonstrasi
4.             Praktik
VI.    Sumber  Belajar
1.             Buku Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI 5 terbitan PT Tiga  Serangkai. Pustaka Mandiri, Solo
2.             Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
3.             Buku tajwid
4.             Buku-buku lain yang relevan
VII.   Langkah-Langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan Awal (Apersepsi)
1.             Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah serta berdoa bersama.
2.             Guru  menjelaskan  secara  singkat  materi  yang  akan  dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
3.             Guru  menjelaskan  secara  singkat  langkah-langkah  pembelajaran yang akan dilaksanakan.
B.      Kegiatan   Inti
1.       Guru  menuliskan,  memasang  paparan,  atau  menayangkan  VCD/LCD di monitor mengenai Surah al-Kwfiryn sehingga mudah dilihat oleh siswa.
2.       Guru  menerjemahkan  tulisan,  paparan,  atau  tayangan VCD/LCD di  monitor  mengenai  Surah  al-Kwfiryn  dengan  suara  jelas  dan perlahan-lahan  ayat  demi  ayat.  Siswa  diminta  untuk  menirukan bacaan guru ayat demi ayat. Hal ini hendaknya dilakukan secara berulang-ulang.
3.       Guru membimbing siswa untuk menerjemahkan Surah al-Kafirun mulai ayat pertama sampai dengan ayat terakhir secara berulang-ulang hingga hafal.
4.       Guru menunjuk beberapa siswa ke depan kelas untuk menerjemahkan Surah al-Kafirun yang ada di tulisan, paparan, atau tayangan VCD/LCD.
5.       Guru  meminta  siswa  untuk  mendengarkan  terjemahan  Surah  al-Kafirun dari teman-temannya.
6.       Guru   meminta   siswa   yang   mendengarkan   untuk   menyimak terjemahan teman-temannya. Apabila terjadi kesalahan, hendaknya mereka membetulkannya. Para siswa memberikan apresiasi kepada teman-temannya jika bacaannya benar.
7.       Guru menjelaskan kandungan Surah al-Kafirun
8.       Guru meminta siswa untuk mendengarkan penjelasan tersebut.
9.       Siswa  diberi  kesempatan  untuk  bertanya  tentang  permasalahan yang belum dipahami dengan baik.
10.     Guru  memberi  tugas  kepada  siswa  mengenai  terjemahan  dan kandungan Surah al-Kafirun.
C.      Kegiatan Akhir  (Penutup)
1.       Guru  mengevaluasi  tentang  proses  dan  hasil  kegiatan  belajar mengajar tersebut.
2.       Guru  mengajak  siswa  membuat  kesimpulan  tentang  kandungan Surah al-Kafirun.
3.       Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah, berdoa bersama-sama, dan mengucapkan salam.
VIII. Penilaian
A.           Tes Lisan
Siswa diminta menerjemahkan dan menjelaskan kandungan Surah al-Kafirun satu per satu.
B.            Tes Tertulis
Guru  memberikan  beberapa  soal  tertulis,  sebagaimana  yang  terdapat pada buku Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI 5 halaman 7–9.
C.            Tes Perbuatan
Siswa diminta senantiasa mengambil pelajaran dari kandungan Surah al-Kafirun untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Barabai,    Desember 2010
Guru Al-Qur’an dan Hadis


………………………………
NIP.

 
Mengetahui,
Kepala Sekolah


…………………………..
NIP.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar